Merhaba, Türkiye!

Berhubung ada permintaan dari seorang adik paskibraku, jadi posting kali ini aku bakal nyeritain tentang Turki lagi. Yay! Nggak apa-apa deh nyeritain lagi, walaupun itu bakal bikin aku kangen setengah mati sama Turki, hehehe..

Jadi beberapa waktu yang lalu, aku ikut program ekskursi dari kampus gitu. Program studi ekskursi ini diadain tiap tahun, dan di negara yang ber
beda tiap tahunnya. Kayak tahun kemaren, anak-anak HI Unpar pergi ke Seoul-Hongkong. Nah, tahun ini, program studi ekskursi nya adalah ke Turki. Secara Turki tuh gede banget ya, jadinya kita cuma ke dua kota paling terkenalnya aja, Istanbul dan Ankara. Jadilah kita 8 hari di sana.

Banyak fakta mencengangkan waktu aku ke sana, mulai dari yang serius sampe yang bikin ngok banget. Beberapa di antaranya adalah:
  • Jangan kaget kalo liat cowok-cowok Turki jalan bareng, dan hebatnya sambil gandengan tangan, atau rangkul-rangkulan. Damn aku hampir ilfeel liatnya, kupikir gay. Haha. Ternyata mereka emang 'akrab', dan itu wajar. Tapi sayang aku nggak punya fotonya.. huhuh.
  • Elevator di Turki bener-bener luar biasaa.. Jadi bayangkanlah kulkas pintu dua (kanan-kiri) yang bahannya dari stainless steel. Udah? Sekarang bayangkanlah membuka salah satu pintunya. Udah? Alih-alih rak bersusun makanan, justru ruangan kosonglah yang kita temukan. Gedenya kira-kira cuma muat 4 orang (itu juga udah sempit banget). Dan waktu kita masuk dan pintunya tertutup, dengan hebatnya tuh lift nggak punya pintu lagi, jadi kita bisa ngeliat dindingnya naik-turun. SEREM ABIS!
ini pemandangan yang bisa kita liat dari dalem elevator, and the walls falling past you.
Ngeri nggak? Kayak di film horor yaa.. heuu
  • Lagi-lagi masih kayak film horor. Entah lampu-lampu di sana terlalu canggih atau gimana, tapi lampu-lampu di sana dinyalain oleh sensor. Mau di asrama ato di hotel, lampu-lampunya modelnya begituan. Jadi, lampu-lampu itu hanya akan nyala kalo ada yang lewat di bawahnya. Jadi bayangkan di film horor, kan suka ada lorong-lorong gitu tuh, nah waktu aktornya lewat biasanya lampunya mati sendiri ato idup sendiri kan? Seiring dia lewat. Nah! Sama banget. Kebayang waktu itu aku pulang udah gelap, sendirian, dan pas aku lewat, lampu di depanku idup, dan lampu di belakangku mati dengan sendirinya. *Mendadak jalan cepat!*
  • Nah kalo yang ini sih beuh banget. Jadi, jangan tertipu dengan penampilan fisik pria atau wanita Turki yang ganteng-ganteng atau cantik-cantik. Setelah dilihat, coba didekati. Kalo mereka nggak bau bawang bombay, syukurlah. Tapi kalo bau, wajar. Karena oh karena, orang-orang sana jarang mandi, biasanya 2 hari sekali. Bahkan pas summer plus keringet-keringet lepeknya itu di diemin aja. Iiiuhh! Kebayang udah cuaca panas gilak, ditambah 3B 'bau-badan-bombay'-nya mereka. Blah! Penyebabnya? Ini nih..
doner atau kebab. Sebenernya isinya sama aja sih, cuma beda rotinya aja.
Dan percayalah waktu aku makan, aku lebih suka kebab baba rafi punya tante kosku. Karena rasanya bawang bombay banget. Kress Kress Wueekk gitu.. hahaha!

  • Dondurma atau ice cream. This is one of my favourites. Beuh! Es krim di sana beda banget lah sama di sini. Di sana es krimnya nggak gampang cair, jadi percayakanlah anak-anak Anda pada dondurma Turki. Tapiii.. Harus yang asli. Biasanya sih dondurma yang asli hanya dijual oleh orang-orang yang make rompi adat Turki warna merah itu. Tapi satu kesamaan yang di 'jual' oleh penjual-penjual itu. Atraksi 'penipuan pelanggan'-nya. Jadi, pas kita mo nerima cone yang udah diisi es krim di atasnya, doi justru ngebalik conenya. Paniklah kita. Senanglah mereka. Damn, aku sampe malu diliatin orang-orang gara-gara tiba-tiba teriak latah dengan bodohnya, dan si penjualnya tertawa kemenangan. Siauuuuullll....
dua korban penipuan. Dan bahagianya setelah ditipu. Hahaha
  • Dan... orang Turki nggak bisa bahasa Inggris. Tolong terjemahkan nggak bisa dengan arti bener-bener have no idea. Bahkan untuk sekedar sir, thank you, atau one. Taunya abi, tesekkur ederim, dan bir (padahal artinya sama aja, ngok!). Gembel dah gembel. Niat memperlancar bahasa Inggris malah ngasih kursus singkat, hehe. Lucunya, mereka nekad ngobrol sama kita walaupun tampang kita udah pada bloon nggak ngerti semua, dan kita bilang kita nggak bisa bahasa mereka (tentunya dengan bahasa tubuh, haha). Gembel. Jadi, waktu mereka ngomong dan aku senyum-senyum, temenku nanya, "Ney emang dia ngomong apa?", ku jawab "Auk. Manggut-manggut sambil senyum aja biar cepet pergi" Haha.
  • Dan walaupun di sana negara Islam, tapi teteup aja sekuler banget. Buktinya, wanita-wanita berjilbab dilarang masuk lingkungan kampus dan pemerintahan, karena dianggap simbol politik, dalam hal ini Islam. Hmmm.. Bahkan istrinya Erdogan (PM Turki) nggak diperbolehkan menemani suaminya waktu ada kunjungan-kunjungan atau makan malam, karena alasan yang sama. Heuuu.. Dan wanita bertank-top bertebaran dimana-mana.
Duh segitu dulu deh. Belom belajar bo. Padahal besok kuis, haha. Yasuda, kalo inget lagi yang lain, nanti ku post lagi deh. See ya.. Ingetin aku tentang evil eye dan tradisi first-customer nya Turki.. hehe

Ney

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...