Nazar Boncuğu and Turkish Apple Tea

Autis.. Autiss.. Nggak ada kerjaan, baca buku males, nonton tivi bosan, chatting nggak ada yang 'menarik', handphone ku pun hanya terdiam dan membisu. Jadi ku putuskan posting lagi, yay! Makin aktif menulis kalo lagi autis, seneng deh. Autis terus deh kalo gitu, hehehe. Postingan hari ini melanjutkan cerita perjalananku di Turki selama 8 hari.

Jadi begini, di Turki ada istilah Nazar Boncuğu atau Blue Glass Evil Eye Bead Amulet.
Nazar Boncuğu sendiri bentuknya bulat, biasanya warnanya biru dan dipercaya sama orang-orang Turki memberi perlindungan dan keberuntungan bagi pemiliknya. Biasanya 'lucky charm'-nya orang Turki ini di taruh di tempat-tempat strategis, di manapun itu. Mau di restoran, rumah, hotel, bahkan mobil. Di manapun. Ckckck ternyata nggak cuma orang Indonesia aja yang punya jimat, hehehe. Adapun gambarnya adalah seperti ini diaaa...


Waktu ke Grand Bazaar, oleh-oleh khas Turki yang paling common tuh ya apapun yang ada unsur
Nazar Boncuğu-nya, soalnya emang lucky charm yang bentuknya kayak gini emang cuma bisa ditemui di Turki, hehe. Beberapa penjual yang ramah, biasanya juga ngasih gratisan ke pembeli-pembeli spesial mereka dengan aksesoris apapun yang bentuknya Nazar Boncuğu. Nazar Boncuğu sendiri punya arti yang kalo bahasa Turkinya disebut "Mashallah" yang artinya "God has willed it". Tapi katanya, kalo mo manjur, Evil Eye-nya harus biru dan terbuat dari kaca, itu baru asli. Katanyaaa, hehe..

Lanjut.

Tips smart-shopping di Turki yang utama. Jangan malas bangun pagi. Jadilah first customer nya mereka. Karena kita bakal dapet beberapa keuntungan yang nggak akan didapatkan customer-customer berikutnya. Kenapa? Karena konon tradisi di Turki, kalo first customer di hari itu beli banyak, biasanya sih tokonya hari itu bakal untung banyak.

Diskon? Itu udah pasti. Pelayanan yang super baik udah nggak usah diragukan lagi. Dan tau nggak, seumur-umur di Turki (berasa lama banget, padahal cuma 8 hari haha) aku nggak pernah beli Turkish apple tea, tapi aku udah nyobain dua kali. Kok bisa? Yaaa bisa dong. Karena aku pelanggan pertamanya, jadi sampe penjualnya repot-repot nyuguhin apple tea. Wow. Gimana nggak melting coba? Hehe..

Pengalaman pertamaku waktu di Ankara, si bapak-bapak ini kira-kira umurnya 50 tahun. Dia punya toko perhiasan gelang-gelang gitu di belakang hotel kita. Gelangnya lucu-lucu banget! Dan nggak ada di Grand Bazaar (aku jadi nyesel cuma beli dikit. huhu!). Waktu dia nyuguhin tehnya, sempet gelasnya jatuh dan pecah. Dan sebenernya kita jadi nggak enak banget kayak ngerepotin dia, but he said that it's ok, it's his pleasure to service us. Huhu bapakku itu baik banget.. Hehehe..

Pengalaman keduaku waktu di Grand Bazaar, Istanbul. Waktu aku lagi liat-liat karpet. Penjualnya masih muda, umurnya mungkin 30-an, namanya Yusuf. Ganteng loh. Hehehe teteup promosi, haha. And he's so nice to us. Tadinya aku serem, karena aku disuruh masuk ke dalem tokonya sendirian, jadi aku manggil Christy dan Ihsan buat nemenin aku masuk, hehehe. Ternyata pas kita masuk, kita di suruh duduk di tempat duduk yang empuk itu, dia nyalain AC, terus dia ngambilin kita masing-masing 1 cangkir Turkish apple tea. Katanya kita suruh rileks aja sambil dia menawarkan berbagai macam kain penutup mulai dari sarung bantal, sampe bed cover yang super bagus itu (dan tentu aja ku beli, aje gile menggoda banget motifnyaaa.. kyaaa..), dan bener-bener mantap rasanya. Dan dia sangat senang sama orang-orang Indonesia. Dan seenaknya mengubah namaku jadi Nisa, hahaha.. And hey, he gave me bonus that day, 1 buah sarung bantal tambahan, hehe..

Ini ada foto Turkish apple tea-nya. Please, check it out..


Liat deh cangkirnya. Khas Turki banget. Dan saking gemesnya liat cangkirnya, aku sampe beli tea set-nya hahaha. Untung mamaku seneng banget ngeliat aku pulang bawa-bawa tea set sama bed cover (malah katanya bed covernya kurang banyak haha mampus deh cargonya wakakaka).

Seni çok seviyorum, Türkiye.. ( i love you, Turkey)

Ney.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...