How To Be Slim

Hanya ingin berbagi acara TV yang ku tonton hari ini, BBC Knowledge - How To Be Slim. So, here it is:
  • Less Food. Sering melihat teman yang makannya kuli tapi nggak gemuk-gemuk? Ternyata alasan "metabolisme dia lebih tinggi dari kita" itu nggak ada. Believe or not, thin people eat less. Jadi, kalo orang bilang, "makan siang yang banyak biar makan malam-nya nanti sedikit" itu SALAH. Karena nggak ada efeknya ternyata.
  • Dairy Diet. Selama ini kita berpikir susu, keju, yoghurt, dll menjadi musuh besar ketika sedang berdiet. Ternyata, percaya atau nggak, kalsium-kalsium yang terdapat dalam produk-produk ini justru dapat lebih banyak mengabsorbsi lemak. Maka, disarankan mengonsumsi produk-produk yang tinggi kalsium, rendah lemak (Hi-Cal Low-Fat)
  • Watch 'em. Ternyata, kebanyakan orang menjadi gemuk karena mereka tidak sadar berapa banyak makanan yang telah mereka konsumsi. Maka, disarankan untuk membuat jurnal harian tentang apa saja yang kita makan.
  • Smaller Better. Percaya atau nggak, kenyang atau nggaknya kita itu sebenarnya sugesti. Justru yang kemudian menjadi tolak ukuran biasanya jika perut terasa 'penuh' dan 'sesak'. Padahal ketika itu, lambung kita udah 'over-load'. Jadi, biasakan makan menggunakan piring yang lebih kecil, dengan begitu diharapkan otak kita jadi ter-sugesti "Saya makan banyak."
  • Protein Pro. Kemudian, beberapa orang lagi kemudian beralasan, "saya sering makan karena cepat lapar." (Yang juga aku rasakan, apalagi kalo lagi ngerjain S) Untungnya, BBC Knowledge punya jawabannya. Manakah yang harus kita konsumsi supaya tidak mudah lapar: Karbohidrat, protein, atau lemak? Jawabannya, PROTEIN.
  • Water Soup Diet. Kata orang, "kalau diet, makannya sedikir aja tapi minumnya dibanyakin, dijamin cepat kenyang." SALAH. Karena air memang mengisi lambung pada awalnya, namun akan larut begitu saja di lambung. Hasilnya: Kita tetap merasa lapar. Yang benar adalah dengan mengonsumsi sup. Karena lambung kita bekerja seperti filter yang tidak akan begitu saja melarutkan cairan kental seperti sup. Dengan catatan: Sup tidak mengandung krim.
Aku jadi seram sendiri setelah melihat salah satu responden BBC Knowledge yang dijadikan sampel ternyata memiliki lemak yang telah menutupi organ-organ vitalnya, seperti hati dan paru-paru.

Jadi, siapa bilang diet nggak boleh makan?

Stay healthy, (mengingatkan diri sendiri)
Ney.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...